Keindahan Gunung Sagara Garut : 7 tips sebelum memulai pendakian

gunung sagara garut

 Keindahan Gunung Sagara Garut

Kota Garut memiliki banyak destinasi wisata alam yang membuat para wisatawan berbondong-bondong untuk mengunjunginya, bagi para pendaki pula tidak aneh ketika mendengar PAGUCI (Papandayan,Guntur, Cikuray) karena ketiga Gunung ini sudah terkenal dengan keindahan-keindahannya, Tidak sedikit para pendaki yang sudah mengunjungi tempat tersebut, Namun tahukah Kalian bahwa ada Wisata Alam Kota Garut yang Baru saja dibuka yaitu Gunung Sagara, Gunung Sagara juga tak kalah indah dari Wisata-Wisata Alam Gunung Seperti PAGUCI.Gunung Sagara ini memiliki ketinggian Sekitar 2.132 meter di atas permukaan laut (MDPL), Dan tentu saja Kalian akan disuguhi pemandangan yang sangatlah cantik.

  Lokasi Gunung Sagara 

view puncak gunung sagara

Lokasi Gunung Sagara berada di Kampung Sagara, Desa Tenjonagara, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jaraknya sendiri ada sekitar 18 KM dari pusat Kabupaten Garut. Gunung Sagara ini juga masih bertetangga dengan gunung lainnya seperti Gunung Galunggung dan Wisata Alam Talaga Bodas yang lebih dulu sudah Terkenal sebelum dibuka nya destinasi wisata alam Gunung Sagara.

Sejarah Gunung Sagara

Gunung Sagara juga memiliki sejarah nya lho guys, Konon katanya Gunung Sagara ini adalah gunung anak kumbang. Namun, ada juga yang menyebutnya Gunung Sagara adalah gunung kumbang itu sendiri. Mitos yang berkembang di sekitar penduduk-penduduknya mengapa Gunung tersebut dinamakan Gunung Sagara? Karena Gunung Sagara memiliki arti dan kesamaan bahwa makna dari Sagara (Lautan). Dan bisa kita ibaratkan bahwa lautan jika kita mengarungi lautan tersebut dengan niat buruk maka lautan itu sendiri akan menyesatkan dan sebaliknya. Dan ada juga yang menyebutkan sejarah Nama Sagara adalah sebuah nama yang terpendam didalam perut gunung yang Sebagian besar hutannya masih asri. Itulah Sejarah Gunung Sagara yang hingga saat ini masih menjadi teka-teki.

Tujuan Artikel Ini Dibuat?

Artikel ini dibuat untuk memberikan berbagai informasi tentang Gunung Sagara, mulai dari lokasi Gunung Sagara, Sejarah, Trek untuk Hiking, dan memberikan informasi keindahan-keindahan yang ada di Gunung Sagara Serta memberikan tips dan saran bagi Kalian yang ingin mengunjungi wisata alam ini.

Deskripsi Trekking Gunung Sagara

trekking gunung sagara garut

Saat mendaki Gunung Sagara Terdapat 4 Pos yang akan kalian lewati, Dan ada pula warung kecil yang menyediakan makanan ringan seperti minuman hangat, gorengan, roti, dan lain-lain. Ketika Kalian sampai di pos 4, Kalian dapat mendirikan tenda dengan lahan yang datar dengan kapasitas sekitar 7 tenda. Biasanya pendaki tetap melanjutkan perjalanannya karena pos 4 menuju puncak tidak jauh jaraknya dan ketika Kalian sudah sampai area kemah biasanya pendaki akan mendirikan tendanya untuk berkemah. Biasanya pada malam hari atau pada pagi harinya mereka naik ke puncak Gunung Sagara untuk menikmati pemandangan Sunrise.

baca juga :Jasa Guide Gunung Indonesia Trekking Camping : 4 Manfaat Menggunakan Jasa Kami Yang Inspirasi

Kondisi Kesehatan

Nah guys sebelum kita mengunjungi Gunung Sagara kita harus memastikan Kondisi Kesehatan kita terlebih dahulu. Karena disana kita akan melewati berbagai rintangan seperti jalan yang curam atau melawan suasana udara, Oleh Karena itu sebelum kita mendaki kita harus memastikan bahwa kondisi kesehatan kita sedang baik-baik saja, Oleh karena itu memastikan Kondisi Kesehatan kita sangatlah penting. Untuk menjaga kesehatan kita harus melakukan olahraga seperti senam, jogging, dan lain-lain.

Peralatan yang harus dibawa

Kita harus membawa peralatan yang lengkap nih guys. Selain lengkap,  kita juga harus membawa peralatan yang memang dibutuhkan untuk mendaki ke Gunung Sagara, setiap para pendaki memang tidak memiliki peralatan yang lengkap, Oleh Karena itu mengapa banyak orang-orang yang membuka jasa sewa-menyewa perlengkapan outdoor, Jadi jika kalian tidak memiliki peralatan yang lengkap Jangan khawatir karena Kalian bisa menyewa Perlengkapan Outdoor. Berikut saran perlengkapan yang harus dibawa ketika ingin mengunjungi Gunung Sagara, Antara lain:

  1. Tas Carriertas gunung

Tas Carrier Wajib dibawa untuk membawa peralatan lain, tas carrier ini didesain khusus untuk para pendaki atau para traveler, tas ini berbeda dengan tas biasa pada umumnya karena tas ini memiliki fitur-fitur yang dikhususkan untuk mendaki atau travel, Tas carrier disediakan dengan berbagai kapasitas ada yang 25L hingga 100L.

  1. Sleeping Bagsleeping bag

Untuk memastikan tidur Kalian nyaman dan hangat, kalian perlu membawa sleeping bag, Sleeping bag ini biasanya hanya muat untuk 1 orang saja guys.

  1. Pakaian dan Jaket

 

Untuk berjaga-jaga disarankan membawa 3 stel pakaian dan jaket karena kita tidak tahu apa yang akan kita lewati didalam perjalanan seperti pakaian basah karena tiba-tiba hujan, pakaian kotor karena sering terpeleset, dan lain-lain. Karena mungkin dimalam hari kita tidak mungkin mengenakan pakaian yang kotor ataupun basah.

  1. Perlengkapan Masak

nesting

Nahh peralatan yang satu ini penting juga guys kita bawa, karena jika kita tidak membawa barang yang satu ini bagaimana caranya kita membuat memasak membuat makanan.

  1. Tenda

tenda

Tidak lupa juga membawa tenda, Tenda memiliki banyak variasi jika Kalian mengunjungi Gunung Sagara membawa 3 atau 4 Partner maka Kalian harus membawa tenda yang kapasitasnya besar kap 4/5.

  1. Senter atau Headlamp

headlamp

Senter dan Headlamp juga jangan lupa dibawa ya guys karena dimalam hari kita akan sangat membutuhkan penerangan.

  1. Makanan Yang Cukup

Kita harus membawa makanan yang Cukup, Baik bahan makanan yang akan dimasak nanti maupun makanan ringan untuk jadi cemilan diperjalanan.

  1. Matras

matras

Barang ini penting juga karena fungsinya untuk menjadi alas tenda, selain itu Matras juga bisa digunakan tempat menyimpan carrier saat mendirikan tenda supaya carrier tidak kotor tergelatak ditanah.

  1. Sepatu Hiking

sepatu gunung

Saat mendaki ke Gunung disarankan untuk menggunakan Sepatu yang sesuai seperti sepatu Hiking yang didesain untuk mendaki selain menjaga kaki kita, Sepatu Hiking didesain agar kaki kita nyaman saat Hiking yang membuat pergerakan kaki leluasa dan tidak membuat kaki luka sehingga tidak menghambat perjalanan Hiking.

  1. P3K

Untuk jaga-jaga ketika ada sesuatu yang tidak diinginkan seperti terpeleset saat diperjalanan, Terkena duri tanaman, dan lain-lain.

  1. Trekking Pole

 

Trekking Pole membantu kita memudahkan didalam perjalanan agar tidak sering terpeleset, untuk pemula sangat disarankan untuk membawa trekking pole.

  1. Power Bank

Jika Kalian membawa gadget Kalian perlu membawa powerbank karena untuk mengantisipasi Kehabisan batrai Selama mengunjungi Gunung Sagara.

 

Itulah beberapa peralatan yang harus Kalian bawa ketika ingin mengunjungi destinasi wisata alamGunung Sagara, Selain peralatan kita juga harus matang dalam segala hal, seperti kondisi fisik, mental, Perlengkapan, Makanan, dan lain-lain.

 

    7 Tips Sebelum Mengunjungi Gunung Sagara

planing trakking

Ada beberapa tips untuk kalian sebelum mengunjungi Gunung Sagara, mungkin ini juga termasuk bagian terpenting sebelum Kalian memulai perjalanan ke Gunung Sagara. Berikut 7 Tips yang harus Kalian lakukan sebelum memulai perjalanan, Antara lain:

  1. Membuat Plan Atau Rencana

Sebelum Pergi mengunjungi Gunung Sagara Alangkah baiknya Kalian membuat Plan terlebih dahulu sebuah rencana yang disusun sebelum mengunjungi wisata tersebut, seperti bersama siapa Kalian akan berwisata, Apa saja yang akan dibawa, bagaimana ketika cuaca tidak sesuai dengan ekspektasi.

  1. Membulatkan Niat

Membulatkan Niat adalah hal utama yang harus diperhatikan Karena Terkadang jika niat kurang bulat membuat kita Ragu saat dalam perjalanan, oleh karena itu selain Perlengkapan Niat juga harus benar-benar matang.

  1. Mengabari Keluarga

Mengabari Keluarga juga penting karena untuk mengantisipai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, selain itu agar orang tua tidak cemas oleh karena itu mengabari Keluarga penting.

  1. Memprakirakan Cuaca

Memprakirakan Cuaca jika musim hujan sebaiknya tidak dianjurkan untuk memulai pendakian karena selain jalan yang licin dan curam, kita juga akan kesusahan untuk melihat pemandangan-pemandangan karena biasanya musim hujan Gunung-Gunung diselimuti oleh kabut.

  1. Membawa P3K

Untuk jaga-jaga kita harus membawa P3K untuk mengantisipasi adanya yang terluka kita bisa sigap membantu orang yang terluka ataupun bila terjadi pada diri sendiri kita tidak terlalu khawatir karena kita bisa mengobatinya sendiri dengan persediaan P3K.

  1. Perlengkapan

Membawa Perlengkapan yang dibutuhkan dan diwajibkan seperti alat-alat masak, bahan makanan, pakaian, P3K, dan lain-lain karena tantangan mendaki tidak bisa kita anggap hal kecil, jadi kita harus membawa Perlengkapan yang matang agar perjalanannya bisa kita nikmati tanpa ada hambatan apapun.

  1. Membawa Air Yang Cukup

Kita juga tak lupa dengan membawa air, untuk jaga-jaga saat mendaki ke Gunung Sagara disarankan membawa air 2L hingga 4L karena didalam perjalanan Cukup membuat kita lelah dan haus guys.

    Jalur dan Pemandangan Gunung Sagara

fasilitas gunung sagara garut

Jalur menuju puncak Gunung Sagara ada 2 guys, Yaitu jalur via Sagara dan jalur via tajur, jalurnya pun Cukup berdekatan, nah Kalian bisa memilih jalur mana saja, Namun setiap jalur memiliki rintangan dan pemandangannya masing-masing. Berikut 2 jalur menuju puncak Gunung Sagara, Antara lain:

  1. Via Sagara

Jalur Sagara merupakan Jalur yang Baru saja dibuka pada tahun 2019. Untuk Sampai ke puncak Gunung Sagara kita akan melewati 4 pos. Start dari Basecamp menuju ke pos 1 kita akan melihat pemandangan perkebunan kopi dan perkebunan sayuran milik warga, dan trek pendakian masih terbilang tidak terlalu curam. Untuk sumber mata air terakhir masih bisa kita jumpai di pos 1 karena setelahnya kita tidak akan menemukan mata air.

Setelah itu Kita akan masuk ke pintu rimba, kita akan disuguhi dengan berbagai macam Burung yang akan menemani perjalanan Kalian Selama pendakian. Trek diperjalanan ini sudah mulai membuat kita lelah karena jalur via Sagara ini walaupun hanya memakan waktu sekitar 3 atau 4 jam, namun treknya Cukup untuk mempertemukan lutut dan dagu lho guys. Dari pos 2 menuju 3 treknya Cukup untuk membuat lutut kita lelah, tetapi disini kita dapat menjumpai makanan rimba atau makanan hutan yang bisa kita manfaatkan dan bisa kita makan seperti tanaman begonia. Tanaman ini dapat kita makan batangnya dan rasanya cukup masam, batang tanaman begonia ini mengandung banyak air juga guys. Terakhir yaitu pos 4 disini lokasi area camp untuk para pendaki, di pos 4 ini para pendaki mulai mendirikan tenda dan beristirahat.

  1. Via Tajur

Memilih Via Tajur Cukup memakan waktu jika memilih Via Sagara hanya menempuh 3 hingga 4 jam, namun via tajur dapat memakan waktu hingga 4 sampai 5 jam lhoo guys. Itu adalah waktu tempuh normal pendakian melewati via tajur, Estimasi waktu tersebut dapat berubah sesuai dengan kondisi dan seberapa cepat Kalian saat mendaki. Jadi dapat kita simpulkan pendakian tercepat untuk sampai ke puncak Gunung Sagara Terdapat dijalur Via Sagara karena melewati Via Sagara hanya memakan waktu 3 sampai 4 jam saja.

 

Untuk biaya parkir motor dan SIMAKSI Cukup terbilang murah yaitu Rp. 20.000. Jika Kalian membawa motor menuju basecamp, Kalian bisa parkir kendaraan Kalian disana dan membayar biaya parkir pun Cukup murah hanya dengan Rp. 10.000/malam.

 

Dipuncak Gunung Sagara kita akan disuguhi Panorama Keindahan Gunung Sagara, kita dapat melihat Keindahan kawah talaga bodas, dan pada malam hari kita dapat melihat Keindahan City Light kota tasik, dan masih banyak lagi keindahan yang dapat memanjakan mata disana.

   Rekomendasi Trekking Untuk Pemula

Untuk pemula disarankan tidak Boleh melakukan solo Hiking ya guys, selain itu untuk pemula ketika hiking disarankan untuk selalu membawa trekking pole, untuk jalur sebaiknya memilih jalur via Sagara karena jalur tercepat untuk sampai ke puncak Gunung Sagara dan Disarankan juga untuk menyewa jasa pemandu wisata agar meminimalisir salah jalan atau tersesat selain itu juga Kalian juga akan terjamin aman ya guys.

  Kesimpulan

Gunung Sagara adalah Destinasi Wisata Alam yang Baru dibuka pada tahun 2019 bulan Agustus, Selain PAGUCI Gunung Sagara juga tidak kalah menarik guys, karena di Gunung Sagara Kalian juga disuguhi beberapa keindahan-keindahan alam seperti City Light, Kawah Talaga Bodas, dan lain-lain. Banyak juga para pendaki yang sudah mengunjungi tempat tersebut pendaki lokal maupun luar kota, Gunung Sagara juga bisa menjadi tempat healing bagi para pecinta alam.

 

 

ITC OFFICIAL

ITC OFFICIAL

Follow instagram untuk mengetahui kegiatan kami, dengan klik gambar profil di atas.

All Posts

Postingan Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
1
Scan the code
hallo sobat trekking, apa ada yang bisa di bantu ?